Lima ponsel Android kelas menengah yang hadir di penghujung 2011


Perkembangan ponsel cerdas dengan OS Android sangat pesat. Selain versi OS yang terus disempurnakan (saat ini Froyo seperti sudah kuno) juga peningkatan pesat terjadi di kinerja prosesor, kapasitas memori dan resolusi layar sentuhnya. Dengan demikian maka segmentasi yang dulu dibuat berdasar spesifikasi bakal bergeser, dimana yang dulunya tergolong kelas atas saat ini lebih cocok dibilang kelas menengah. Kebetulan di bulan ini ada beberapa ponsel yang (akan) hadir dengan spesifikasi yang mirip, saya coba susun untuk sekedar informasi buat anda.

Sebelum menuju etalase produk, saya jabarkan dulu segmentasi ponsel Android kelas menengah versi 2011 menurut saya. Buat saya yang namanya ponsel yang prosesornya dual core sudah otomatis masuk ke kelas atas (high-end). Bagi saya juga, yang namanya ponsel dengan kecepatan 800 MHz atau kurang, juga tidak lagi tepat dibilang kelas menengah (anda boleh tidak sependapat). Demikian juga dengan ponsel berlayar HVGA (480 x 320 piksel) sudah lebih tepat bila digolongkan ke Android ekonomis. Hal ini sangat berbeda dengan situasi awal tahun 2011 dimana ponsel dengan clock 800 MHz dan berlayar HVGA sudah bisa dibilang kelas menengah. Satu lagi, OS ponsel Android jaman sekarang tentu sudah yang versi 2.3 alias generasi ‘roti jahe’.

Jadi, kelima ponsel Android kelas menengah yang saya pilih ini nanti akan memiliki beberapa kesamaaan yang mendasar (kecuali disebutkan khusus) yaitu :

  • sudah Android 2.3
  • layar resolusi 480 x 800 piksel (Wide VGA)
  • layar berdiagonal 3,7 inci
  • prosesor 1 GHz
  • kamera 5 MP auto fokus di belakang
  • kamera VGA di depan
  • konektifitas lengkap (HSDPA, WLAN, Bluetooth)
  • baterai 1.500-1.700 mAh

Tak perlu berlama-lama, inilah lima ponsel pintar kelas menengah pilihan saya yang akan hadir di akhir tahun 2011 :

Samsung Galaxy W (I8150) : ngebut dengan prosesor 1,4 GHz

Inilah andalan Samsung di kelas menengah yang boleh dibilang adalah penerus dari Galaxy Ace, terutama dengan memperbaiki kinerja rekam video yang bisa HD video 720p. Galaxy W (W adalah kependekan dari Wonder) dibekali ruang simpan 2 GB yang membuat kita tidak ragu untuk menyimpan banyak aplikasi dan RAM 512 MB yang cukup untuk multitasking ringan hingga sedang. Selain menghadirkan Galaxy W, Samsung juga memiliki Galaxy R untuk yang dual core dan Galaxy Y untuk generasi muda. Sayangnya baterai yang dipakai pada Galaxy W ini hanya berkapasitas 1.500 mAh yang menurut saya agak meragukan untuk bisa bertahan lama dalam meladeni prosesor 1,4 GHz yang kencang itu.

LG Optimus Sol (E730) : layar ultra Amoled yang indah

LG menghadirkan Optimus Sol (Sol : Solar) sebagai pelengkap dari jajaran Optimus barunya (termasuk Optimus Hub yang ditujukan untuk menyaingi Galaxy Ace, meski agak terlambat). Bila pada Optimus Black LG memilih memakai Nova display, maka di Optimus Sol dipakailah layar Ultra Amoled yang membuatnya tetap bisa dilihat di bawah terik matahari (matahari = solar). Optimus Sol sendiri akan bersaing ketat dengan Galaxy W dimana kapasitas RAM dan ROM yang sama. LG sendiri merasa cukup dengan prosesor 1 GHz untuk menjadi tenaga dari Optimus Sol. Kekurangan utama LG Optimus Sol adalah videonya yang belum HD (baru VGA saja) dan tidak ada lampu LED untuk flash kamera/video.

Sony Ericsson Xperia Neo V : jagonya foto dan video plus HDMI

Xperia Neo V adalah versi murah (Value) dari Xperia Neo yang terkenal dengan Bravia engine khas Sony. Beberapa penurunan yang dilakukan Sony Ericsson adalah resolusi foto yang turun dari 8 MP ke 5 MP saja. Tapi sejatinya Xperia Neo V tetaplah ponsel Android multimedia yang handal berkat kemampuan HD video 720p dan outpot HDMI yang memungkinkan kita menonton hasil rekaman ponsel langsung ke TV LCD. Belum lagi saat merekam video, urusan auto fokus bisa dibuat kontinu sehingga meski jarak ponsel ke obyek berubah, namun ponsel ini bisa mengatur supaya si obyek tetap tajam dan fokus. Satu hal yang disayangkan dari Xperia Neo V adalah turunnya kapasitas ROM menjadi 320 MB saja, artinya siap-siaplah membeli kartu memori dan menginstal aplikasi App2SD.

HTC Rhyme : lega dengan ROM 4 GB dan RAM 768 MB

HTC bukan nama yang asing di ranah ponsel pintar, tak kurang dua macam OS diladeni oleh HTC yaitu Android dan Windows Phone. Kali ini HTC menghadirkan HTC Rhyme yang didedikasikan untuk penikmat musik, dengan kapasitas ROM 4 GB yang tergolong amat besar, dan RAM 768 MB yang membuatnya stabil dalam berbagai aplikasi yang aktif bersamaan. Layarnya sudah memakai teknologi Super LCD yang lebih terang dari LCD biasa, meski bukan tandingan layar Amoled dari LG. Saya rasa inilah ponsel yang spesifikasinya berimbang baik dari prosesor, memori, layar dan multimedia. Tidak ada kekurangan yang berarti dari ponsel ini, semoga masuk ke Indonesia ya..

Motorola Defy+ : tangguh dan tahan debu serta air

Defy+ adalah penerus Motorola Defy yang cukup populer di tahun lalu. Defy sendiri adalah seri ponsel tangguh dari Motorola, cocok dipilih buat anda yang hobi berpetualang di alam bebas. Ponsel ini siap dipakai dalam kondisi ektrim seperti hujan, masuk ke air sedalam satu meter atau terkena debu di padang pasir. Spesifikasinya pun tergolong mencukupi seperti prosesor 1 GHz, sebagai ruang simpan tersedia 1 GB ROM, 512 MB RAM dan baterai ekstra tenaga 1.700 mAh. Belum diketahui apakah Defy+ bisa merekam HD video, namun yang jelas tidak ada kamera untuk video call di ponsel ini.

Bagi anda yang penasaran sama harga kelima ponsel di atas, sabar ya… saya juga belum tahu. Tapi kalau melihat harga ponsel Android kelas atas yang mulai dari 4,5 jutaan dan melihat harga Galaxy Ace yang sudah turun di angka 2,5 jutaan, maka besar kemungkinan kelima ponsel ini akan dijual di kisaran 3-4 jutaan. Berminat?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: