Meluruskan Shaf Ketika Shalat Berjamaah


بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد :

Meluruskan Shaf Ketika Sholat Jama'ah
Pertanyaan : Assalamu’alaikum, pak Ustadz. Saya mau numpang tanya nih, di komplek perumahan saya kan ada masjid, di dalamnya juga banyak jama’ahnya, namun pada saat shalat berjama’ah, mereka tidak meluruskan dan merapatkan shaf seperti yang Rasulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- riwayatkan dalam haditsnya, sedangkan saya pun suka berjama’ah di masjid tersebut, saya sudah berusaha memperingatkan mereka, namun apa daya, saya hanya seorang pemuda berumur 16 tahun. solusinya bagaimana pak Ustadz?

Aditya Ramadhan, Purwakarta

Jawaban : wa’alaikum salam warahmatullah wabarakatuh.

Jikalau demikian, alangkah baiknya jika anda berkonsultasi kepada ta’mir atau ustadz yang mengajar dimasjid. anda adalah pemuda 16 tahun, jadi apa yang ada nasehatkan kepada orang yang lebih tua biasanya kurang didengarkan oleh mereka. maka dari itu, anda bisa berbicara dengan ustadz yang biasa mengajar dimasjid itu agar menyampaikan tema tentang meluruskan shaf kepada para jama’ah disuatu pertemuan.

Atau jika tidak ada ustadz yang biasa mengisi pengajian disitu, anda bisa kumpulkan pemuda masjid dan konsultasi dengan ta’mir untuk mengadakan pengajian umum. mintalah ustadz yang akan mengisi untuk memasukan tema tentang meluruskan shaf.

Mungkin itu saran saya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: