Fitur baru Google Untuk Penggemar Matematika


TEMPO Interaktif, California – Google kembali meluncurkan inovasi terbaru untuk mesin pencarinya yang mungkin akan disambut hangat oleh para penggemar matematika. Dengan fitur baru dalam kalculator ini, sekarang pengguna dapat membuat grafik matematika hanya dengan memasukkan fungsi matematika dalam kolom pencarian.

 

Dikutip dari Techradar, Selasa, 6 Desember 2011, Engineer Google, Adi Avidor menjelaskan dalam blog resmi Google, bahwa pengguna dapat memperbesar dan menggeser grafik ini agar dapat mendalaminya dengan lebih teliti.

 

“Pengguna juga dapat menggembar beberapa fungsi sekaligus dengan cara memisahkannya dengan koma,” ujarnya.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa fitur ini mampu menyelesaikan grafik untuk trigonometri, eksponensial, hingga logaritma. Fitur ini disebutkan dapat beroperasi di berbagai browser yang ada saat ini.

 

Avidor berharap fitur ini dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi para penggemar matematika, seperti saat ia pertama kali melihat kalkulator yang memiliki fitur pembuat grafik.

 

“Saat itu aku terkejut melihat betapa gampangnya alat itu menyelesaikan fungsi yang rumit, sementara kami harus bersusah payah menggambar grafik dengan tangan,” ujarnya.

 

Terakhir, dalam tulisan berjudul ‘Berikan Cinta untuk Penggemar Matematika’ ini, Avidor juga menunjukkan satu grafik menarik berbentuk hati, hanya dengan memasukkan fungsi “(sqrt(cos(x))*cos(200*x)+sqrt(abs(x))-0.7)*(4-x*x)^0.01, sqrt(9-x^2), -sqrt(9-x^2)” dalam kolom pencarian.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: