Tugas 1 Sistem Rekognisi


Pertemuan pertama kuliah sistem rekognisi sudah dapet tugas untuk membuat biodata ditulis tangan berikut pas foto terbaru. Tidak kalah menariknya adalah mencari definisi informatika. Berikut ini adalah definisi informatika yang saya dapatkan dari beberapa sumber:

http://blog.uad.ac.id/suryanugraha/2011/03/29/definisi-informatika/

Informatika yaitu suatu bidang keilmuan yang mempelajari teknologi komputer khususnya dalam pengembangan perangkat lunak.

Informatika ini meliputi sains maupun teknik yang secara spesifik mengolah data menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi informasi atau komputer.

Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis informatique. Sebenarnya, kata ini identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat dan computing science di Inggris.

Pada prinsipnya keilmuan ini lebih menekankan bagaimana suatu data dan informasi dapat diolah sedemikian dengan berbantuan teknologi yang terotomatisasi.
Teknologi yang terautomatisasi tersebut tidak hanya dalam satu mesin, namun bisa melibatkan beberapa mesin. Mesin ini lebih umum disebut dengan komputer.
Komputer sebagai bahan utama dalam bidang keilmuan ini memiliki peranan yang sangat tinggi, sehingga informatika secara sederhana mengupas mulai dari bagaimana mesin tersebut bisa bekerja, bagaimana suatu data diolah dengan cara yang dimengerti oleh mesin sedangkan informasinya dimengerti juga oleh manusia, sampai bagaimana mesin tersebut mampu berkomunikasi dengan mesin lainnya.

Sistem informasi adalah lebih mengarah ke penerapan komputer untuk dunia business dan manajemen, sedangkan sistem komputer lebih mengarah ke belajar perangkat keras (hardware) komputer. Yang kedua ini menurut saya lebih mirip2 ke jurusan elektro digital yg tanggung, sedangkan yang pertama tadi kadang-kadang ilmunya mendekati bidang ekonomi setengah hati.

Teknik Informatika adalah disiplin Kumpulan Fakta Yang mengolah berlambang (data Dan Informasi) Artikel Baru menggunakan mesin (Komputer) asithi Pengolahan tersebut terdapat Faktor-Faktor kerumitan logika Dan SISTEMATIKA. Yang PADA tingkat Tinggi akan keanaeragaman menyamai tingkat kerumitan PADA transovarial berpikir manuasia.

1.1 Definisi Informatika 

http://bina-informatika.blogspot.com/2008/12/definisi-informatika.html

Definisi Informatika  (diases : 26 September 2010)

Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

http://www.total.or.id/info.php?kk=informatika (diases 25 Sep 2010)

Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis  informatique,  yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Sebenarnya, kata ini identik dengan istilah computer science di  Amerika Serikat dan  computing science di Inggris. Dalam pendefenisian istilah informatika, menurut Philippe Dreyfus (1962) dan  l`Academie Francaise (1967) yang mendefenisikan informatika tersebut sebagai berikut:

Kumpulan Disiplin Ilmu (scientific  discipline) dan Disiplin Teknik (engineering discipline) yang secara spesifik menyangkut  transformasi / pengolahan dari “Fakta Simbolik” (data /  informasi), yang terutama menggunakan fasilitas mesin-mesin otomatis/komputer.

1.2 Definisi Teknik Informatika 

Mengacu kepada definisi informatika di atas, dapat diringkaskan bahwa definisi-definisi tentang informatika terkait secara implicit pengertian teknik, karena disiplin informatika menyangkut disiplin ilmu dan disiplin teknik terkait dengan transformasi lambing atau symbol atau data menjadi informasi dalam segala bentuknya.

1.3 Disiplin ilmu dan teknik terkait informatika 

Dari computing curricula 2005 :

1. Computer Engineering (CE) (Teknik Komputer), adalah disiplin yang terkait dengan desain dan konstruksi sebuah computer atau sebuah system perangkat yang berbasis computer. Disiplin ini juga menyangkut studi tentang hardware, software, communication dan interaksi diantara mereka.

2. Computer Science (SC) (Ilmu Komputer), adalah disiplin yang terkait dengan teori dan algoritma yang berhubungan dengan desain dan implemenasi software, cara baru penggunaan computer, dan cara-cara efektif pemecahan masalah komputasi.

3. Software Engineering (SE) (Rekayasa Perangkat Lunak), disiplin terkait dengan pengembangan (developing) dan pemeliharaan (maintaining) perangkat lunak yang dapat memenuhi keperluan pengguna yang memerlukannya.

4. Information System (IS)(Sistem Informasi), merupakan disiplin yang focus pada solusi proses bisnis dengan pengintegrasian teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan informasi bisnis yang memungkinkan bisnis dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien.

5. Information Technologi (IT)(Teknologi Informasi), adalah disiplin yang focus pada teknologi yang memproses informais untuk berbagai macam kepentingan bisnis dan lainnya. Perbedaan dengan IS adalah pada focus kajiannya, jika IS lebih kepada informasi yang ditransfer, sementara IT focus pada teknologi untuk mentransfer infromasi tersebut.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: