Makna Filsafat, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Penelitian


Saat mengambil mata kuliah Metoda Penelitian, kami mendapat  tugas untuk mencari makna dari filsafat, ilmu pengetahuan, teknologi, dan penelitian. Saya membaca dari berbagai sumber di internet. Semakin saya banyak baca, semakin saya merasa tambah bodoh. Berikut ini adalah tugas yang sudah jadi.

I.         PENDAHULUAN

Definisi dan makna dari suatu kata, frasa atau kalimat merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami. Hal ini ditujukan agar orang yang mendengarkan kata yang diucapkan oleh orang lain memiliki pemahaman yang sama dengan orang yang mengucapkan. Filsafat, ilmu pengetahuan, teknologi dan penelitian merupakan kata yang pasti pernah didengar dalam dunia pendidikan. Namun masih banyak peserta didik yang kurang atau bahkan tidak memahami makna dari kata tersebut. Sampai saat ini sudah banyak situs yang menyediakan tulisan tentang definisi dan makna dari kata tertentu. Diantaranya adalah situs kamus besar bahasa Indonesi (KBBI) http://www.kbbi.web.id/, wikipedia id.wikipedia.org, blog personal, dan lain lain. Pada tulisan ini penulis mencoba merangkum definisi dan makna dari kata filsafat, ilmu pengetahuan, teknologi dan penelitian yang diperoleh dari berbagai sumber di internet.

II.      MAKNA KATA

Berikut ini adalah definisi kata tersebut dari beberapa sumber yang penulis kumpulkan.

1.    Kata “Filsafat”

Menurut kamus besar bahasa indonesia (www.kbbi.web.id) definisi dari kata filsafat adalah 1) Pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yg ada, sebab, asal, dan hukumnya; 2) Teori yang mendasari alam pikiran atau suatu kegiatan; 3) Ilmu yang berintikan logika, estetika, metafisika, dan epistemologi; 4) Falsafah.

Menurut sumber id.wikipedia.org, Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu. Akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses dialektika. Untuk studi falsafi, mutlak diperlukan logika berpikir dan logika bahasa.

2.    Kata “Ilmu Pengetahuan”

Ilmu pengetahuan terdiri dari dua kata yaitu kata ilmu dan pengetahuan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia (www.kbbi.web.id), definisi dari kata ilmu adalah 1) Segala sesuatu yg diketahui; kepandaian; 2) Segala sesuatu yang diketahui berkenaan dengan hal (mata pelajaran). Sedangkan definisi pengetahuan adalah segala sesuatu yg diketahui; kepandaian;  segala sesuatu yg diketahui berkenaan dng hal (mata pelajaran). Dari definisi tersebut dapat dikatakan bahwa ilmu dan pengetahuan merupakan kata yang memliliki arti yang sama, yaitu segala sesuatu yang diketahui atau kepandaian yang terkait dengan dunia pendidikan.

Menurut sumber id.wikipedia.org, ilmu atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.

3.    Kata “Teknologi”

Menurut kamus besar bahasa indonesia (www.kbbi.web.id) definisi dari kata teknologi adalah 1) Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; 2) Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia;

Menurut sumber id.wikipedia.org, Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

4.    Kata “Penelitian”

Menurut kamus besar bahasa indonesia (www.kbbi.web.id) definisi dari kata penelitian adalah 1) Pemeriksaan yg teliti; penyelidikan; 2) Kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.

Menurut sumber id.wikipedia.org penelitian sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukanmenginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta.

 

III.   PEMBAHASAN

Berdasarkan definisi kata yang telah diuraikan sebelumnya dapat dilihat bahwa filsafat, ilmu pengetahuan, teknologi dan penelitian memiliki makna yang terkait.

Filsafat merupakan pandangan orang atau sekelompok terhadap konsep dasar mengenai segala sesuatu yang ada dalam kehidupan. Filsafat juga dapat diartikan sebagai sikap seseorang yang sadar dan mendalam terhadap sesuatu melalui pemikiran dengan melihat segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan. Ciri-ciri berfikir filosofi adalah 1) berfikir menggunakan disiplin ilmu yang tinggi; 2) Berfikir secara sistematis; 3) Menyusun suatu skema konsepsi dan menyeluruh. Filsafat mampu memberikan manfaat dalam kehidupan manusia diantaranya adalah 1) Sebagai dasar dalam bertindak; 2) Sebagai dasar dalam mengambil keputusan; 3) Untuk mengurangi salah paham dan konflik; 4) Menghadapi situasi dunia yang selalu berubah. Pada dasarnya filsafat adalah kegiatan berfikir untuk menimbang baik buruknya sesuatu, memahami sesuatu dalam berbagai sudut pandang. Dengan kegiatan berpikir inilah diharapkan dapat tumbuh pemikiran kritis dalam diri kita sehingga kita tidak menerima secara “mentah” permasalahan yang ada melainkan diolah sesuai logika.

Ilmu pengetahuan merupakan sarana atau definisi dari segala sesuatu yang ada dialam semesta ini yang diterjemahkan kedalam bahasa yang dimengerti oleh manusia sebagai usaha untuk mengingat dan memahami tentang sesuatu hal. Ilmu pengetahuan juga dapat diartikan seabagai segala sesuatu yang didapat dari suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia sebagai usaha untuk menemukan kebenaran yang ada dialam semesta. Ilmu pengetahuan digunakan untuk menjalani kehidupan didunia dan menjadi bekal untuk kehidupan akherat.

Teknologi saat ini telah berkembang pesat diseluruh dunia. Dengan teknologi kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Teknologi merupakan metode ilmiah yang untuk mencapai tujuan praktis dengan menerapkan ilmu bidang tertentu (ilmu terapan). Teknologi saat ini telah mencakup dalam segala bidang. Contohnya teknologi dalam bidang medis, merupakan teknologi kedokteran yang digunakan untuk membantu mencari penyebab suatu penyakit, mendeteksi penyakit dan membantu pengobatannya. Dalam bidang pendidikan teknologi digunakan untuk menunjang pelaksanaan proses pembelajaran dan administrasi.

Penelitian merupakan kegiatan untuk menyelidiki suatu masalah secara sistematis, kritis, ilmiah dengan tujuan untuk menemukan atau mengembangkan sesuatu hal atau menguji kebenaran suatu pengetahuan. Kegiatan penelitian umumnya terdiri dari beberapa tahap sebagai berikut:

  1. Melakukan kajian terhadap permasalahan
  2. Melakukan kajian teoritik dari permasalahan dan merumuskan hipotesa
  3. Mengumpulkan data empirik guna pengujian hipotesis
  4. Menguji hipotesis dan mengambil kesimpulan

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang saat ini menurut Penulis merupakan hal yang sangat mempengaruhi perkembangan dan ciptaan teknologi-teknologi baru atau teknologi sebelumnya yang sangat berkembang saat ini di seluruh dunia. Perkembangan ini tentunya ditujukan untuk membantu mempermudah dan atau mengatasi masalah yang dihadapi manusia. Hal ini tidak lepas dari filsafat dan kegiatan penelitian yang dilakukan manusia itu sendiri.

 

IV.    PENUTUP

Demikian tugas ini Penulis buat dengan mengambil dari berbagai sumber di internet. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi Penulis dan para pembaca. Dari definisi yang diperoleh terdapat berbagai macam definisi yang dikemukakan, namun dapat diambil poin penting sebagai berikut:

  1. Filsafat merupakan ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakikat kebenaran dari segala sesuatu untuk menangkap makna dari suatu kejadian berdasarkan pemikiran yang jernih.
  2. Ilmu pengetahuan merupakan istilah yang digunakan untuk mendefinisikan semua yang ada dalam alam semesta yang diterjemahkan dalam bahasa sehingga dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia tentang sesuatu hal.
  3. Teknologi merupakan istilah yang digunakan untuk segala sesuatu yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan suatu masalah.
  4. Penelitian merupakan kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan ilmiah dengan tujuan untuk menemukan, mengembangkan atau menguji kebenaran dari suatu pengetahuan.

Akhir kata Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan tugas ini. Masukan berupa kritik dan saran penulis harapkan untuk penyempurnaan penulisan tugas-tugas selanjutnya.

 

DAFTAR PUSTAKA

 http://filsafat-fib.web.unair.ac.id/artikel_detail-65903-Pengajaran%20Filsafat-Hubungan%20Filsafat%20dengan%20Ilmu%20Pengetahuan.html

4 Februari 2013

http://id.wikipedia.org/wiki/Filsafat 5 Februari 2013

http://www.kbbi.web.id/ 6 Februari 2013

http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/arti-penelitian.html, 6 Februari 2013

http://www.ilmusipil.com/pengertian-ilmu-pengetahuan-adalah 6 Februari 2013

http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/13/hubungan-antara-filsafat-dengan-ilmu/ 6 Februari 2013

http://pakguruonline.pendidikan.net/buku_tua_pakguru_dasar_kpdd_11.html

6 Februari 2013

http://filsafat.kompasiana.com/2012/08/14/manfaat-filsafat-bagi-kehidupan-485482.html, 6 Februari 2013

http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.definisi/pengertian-teknologi.html 7 Februari 2013

http://www.ilmusipil.com/pengertian-ilmu-pengetahuan-adalah 7 Februari 2013

http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/arti-penelitian.html 7 Februari 2013

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: